SUNGAI LOBAN GELAR UPACARA PERINGATAN HARI SUMPAH PEMUDA, INI SEJARAHNYA

DSC_6185

Sari Mulya – Bertindak selaku inspektur Upacara yakni Camat Sungai Loban, Upacara Peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-91, Senin (28/10/2019) dihadiri ratusan peserta bertempat di Lapangan Jaya Kusuma Kecamatan dilaksanakan oleh unsur Muspika Kecamatan Sungai Loban bersama lintas sektor, para Mahasiswa KKN dari UIN Antasari dan undangan dari pihak perusahaan.

Ratusan pelajar dari SMA, SMK, SMP dan SD pun memadati barisan lapangan. Para Pimpinan beserta pegawai dari lintas sektoral baik Puskesmas, KUA, ULWK, BPP, Poskeswan, Para Kepala Sekolah dan Dewan Guru turut serta memperingati Hari Bersejarah bangsa Indonesia.

Berikut Ini sejarah Sumpah Pemuda, cikal bakalnya yakni dari Kongres Pemuda yang diadakan 2 kali di Jakarta (Batavia).
Kongres Pemuda I (Pertama) diadakan tahun 1926 dan menghasilkan kesepakatan bersama mengenai kegiatan pemuda pada segi sosial, ekonomi, dan budaya. Kongres ini diikuti oleh seluruh organisasi pemuda saat itu seperti Jong Java, Jong Sumatra, Jong Betawi, dan organisasi pemuda lainnya. Selanjutnya juga disepakati untuk mengadakan kongres yang kedua.

Kongres Pemuda II (Kedua), yang diadakan pada tanggal 27-28 Oktober 1928 dipimpin oleh pemuda Soegondo Djojopoespito dari PPPI (Perhimpunan Pelajar-Pelajar Indonesia), menghasilkan keputusan penting yang disebut sebagai Sumpah Pemuda. Selain itu pada kongres tersebut Indonesia Raya ciptaan Wage Rudolf Supratman juga ditetapkan sebagai lagu kebangsaan.

Kongres kedua ini diselenggarakan pada tanggal 27-28 Oktober 1928, dan keputusannya dikenal sebagai Sumpah Pemuda.
Ketua Kongres Pemuda II dipimpin oleh Sugondo Joyopuspito (PPPI) dan wakilnya Joko Marsaid (Jong Java). Dan, penyelenggaraan kongres pemuda hari pertama di gedung Katholikee jongelingen Bond (Gedung Pemuda Katolik). Hari kedua di gedung Oost Java (sekarang di Medan Merdeka Utara Nomor 14).

Ada pun tujuan kongres pemuda II ( yang kemudian dikenal dengan tujuan sumpah pemuda ) sebagai berikut
1. Melahirkan cita cita semua perkumpulan pemuda pemuda Indonesia
2. Membicarakan beberapa masalah pergerakan pemuda Indonesia
3. Memperkuat kesadaran kebangsaan indonesia dan memperteguh persatuan Indonesia. (Sumber: https://id.m.wikipedia.org/wiki/Kongres_Pemuda)

Posting *iws – Sukadana Ajiex

FACEBOOK KECAMATAN :

https://web.facebook.com/kecamatan.sungailoban/posts/2611118295789712

DSC_6213 DSC_6209 DSC_6195 DSC_6173

Updated: 18 November 2019 — 2:22 pm

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kecamatan Sungai Loban Kabupaten Tanah Bumbu © 2019 *iws U_IT Kominfo Tanah Bumbu