PERINGATAN HARI KESAKTIAN PANCASILA BERKUMANDANG DI SUNGAI LOBAN

IMG_2723

Sari Mulya – Peringatan hari Kesaktian Pancasila 1 Oktober tahun ini mengambil tema, “Pancasila sebagai Dasar Penguatan Karakter Bangsa Menuju Indonesia Maju dan Bahagia”.

Rangkaian kegiatan telah berlangsung dan berkumandang pagi ini Selasa, 01 Oktober 2019 di Lapangan Sepakbola Jaya Kusuma Kantor Kecamatan Sungai Loban.

Upacara yang dihadiri ratusan peserta ini dilaksanakan oleh unsur Muspika Camat Sungai Loban Rusdiansyah, SH, Danramil Kapten Inf Budi Sarjono, Kapolsek AKP. Apriansyah, SH bersama masing-masing jajaran polsek, koramil dan kecamatan.

IMG_2731

Ratusan pelajar dari SMA, SMK, SMP dan SD pun memadati barisan lapangan. Para Pimpinan beserta pegawai dari lintas sektoral baik Puskesmas, KUA, ULWK, BPP, Poskeswan, Para Kepala Sekolah dan Dewan Guru turut serta memperingati Hari Bersejarah bangsa Indonesia.

Bertindak selaku inspektur Upacara yakni Camat Sungai Loban, dengan pemimpin upacara salah satu Prajurit dari Koramil.

Hari Kesaktian Pancasila 1 Oktober erat berkaitan dengan peristiwa Gerakan 30 September 1965 (G30S). Tragedi ini merupakan sebuah gerakan yang bertujuan untuk menggulingkan pemerintahan saat itu dan mengubah Indonesia dari negara berdasarkan Pancasila menjadi negara komunis. (detiknews.com)

Enam perwira tinggi dan satu perwira menengah TNI Angkatan Darat menjadi korban dalam Gerakan 30 September. Mereka adalah:
– Letnan Jendral Anumerta Ahmad Yani
– Mayor Jendral Raden Soeprapto
– Mayor Jendral Mas Tirtodarmo Haryono
– Mayor Jendral Siswondo Parman
– Brigadir Jendral Donald Isaac Panjaitan
– Brigadir Jendral Sutoyo Siswodiharjo
– Lettu Pierre Andreas Tendean

Sebelum upacara resmi hari ini, 01 Oktober berlangsung, pada tanggal 30 September 2019 bendera berkibar setengah tiang. Hal tersebut dilakukan untuk mengenang gugurnya tujuh Pahlawan Revolusi. Sedangkan, tanggal 1 Oktober 2019 maka bendera berkibar satu tiang penuh.

Hari Kesaktian Pancasila memiliki makna sebagai hari berkabung nasional karena adanya tragedi penculikan dan pembunuhan tersebut. Tak hanya itu pasca tragedi itu, terjadi pembersihan semua unsur pemerintahan dari pengaruh PKI mulai dari angota organisasi hingga simpatisan. (detiknews.com)

Foto/artikel *iws

FACEBOOK KECAMATAN :

https://web.facebook.com/kecamatan.sungailoban/posts/2584745995093609

Foto Dokumentasi (by *iws)

IMG_2718 IMG_2733 IMG_2749 IMG_2725 IMG_2760 Muspika dan Kades 201910

Updated: 18 November 2019 — 2:24 pm

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kecamatan Sungai Loban Kabupaten Tanah Bumbu © 2019 *iws U_IT Kominfo Tanah Bumbu