MINUM OBAT BERSAMA, SISWA MTs NURUL JIHAD TURUT CEGAH PENYAKIT KAKI GAJAH, APA ITU?

DSC_5982

Sungai Loban – Bulan Eliminasi Kaki Gajah (BELKAGA) dalam rangka mensukseskan program pemerintah pemberian obat pencegahan massal (POPM) Filariasis oleh Puskesmas Sebamban 1 hari ini, Selasa (15/10/2019) dilaksanakan di MTs Nurul Jihad yang ada di Desa Tri Mulya.

Hadir Camat Sungai Loban bersama unsur Muspika Koramil dan Polsek, Kepala Puskesmas dan Tenaga Kesehatan beserta Kepala Desa melaksanakan monitoring langsung pelaksanaan minum obat bersama.

Kepala MTS Nurul Jihad, Sofyan Mulyadi menyebutkan nikmat sehat merupakan yang paling kita senangi dan patut disyukuri, untuk itu beliau mengajak kepada siswa dalam menyikapi penyakit kaki gajah, lebih baik mencegah dari pada mengobati.

Dalam kesempatan ini Camat Rusdiansyah SE menyampaikan ucapan terimakasih terlaksananya kegiatan sekaligus dapat bersilaturahmi. Pemberian obat sebagai salah satu bentuk dalam pencegahan penyakit, selain itu pola hidup sehat juga berpengaruh, ungkap Camat.
Apalagi penyakit yang disebabkan cacing mikrofilaria ini disebutkan dapat bertahan hingga 7 tahun dalam tubuh manusia. Oleh karena itu mencegah lebih baik dari pada mengobati sesuai dengan program pemerintah.

Kepada Pemerintah Desa dan semua elemen diharapkan turut serta bersama sama mensosialisasikan pencegahan penyakit kaki gajah dan jenis penyakit lainnya seperti Measles Rubella (MR). Sehingga kedepannya generasi kita adalah generasi-generasi yang sehat sebagai penerus bangsa, disamping dalam menghadapi tantangan kedepan.

APA ITU KAKI GAJAH?
Petugas Kesehatan Sebamban 1 menerangkan Filariasis atau Penyakit Kaki Gajah merupakan penyakit menular yang disebabkan oleh infeksi cacing filaria yang ditularkan berbagai jenis Nyamuk. Penyakit ini bersifat menahun (kronis) dan bila tidak mendapatkan pengobatan dapat menimbulkan cacat menetap berupa pembesaran kaki, lengan dan alat kelamin baik laki laki maupun perempuan.

Pentingnya minum obat pencegah kaki gajah yakni untuk memutus mata rantai penyakit yang disebabkan Anak Cacing mikrofilaria yang ada di dalam darah.

(artikel/foto *iws)

FACEBOOK KECAMATAN :

https://web.facebook.com/kecamatan.sungailoban/posts/2597783030456572

DSC_5963 DSC_5955

Updated: 18 November 2019 — 2:24 pm

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kecamatan Sungai Loban Kabupaten Tanah Bumbu © 2019 *iws U_IT Kominfo Tanah Bumbu