Kecamatan Sungai Loban Gelar Apel Harkitnas : MENGUKIR MAKNA KEBANGKITAN NASIONAL DENGAN MEWUJUDKAN INDONESIA YANG BEKERJA NYATA MANDIRI DAN BERKARAKTER

Sari Mulya – Tidak seperti biasanya, hari ini Jumat (20/5/2016) halaman Kantor Kecamatan Sungai Loban nampak dipenuhi dengan barisan peserta apel dari unsur Muspika yakni Camat, Kapolsek dan Danramil bersama staf dan anggota, serta dari kalangan pegawai baik dari Puskesmas, UPK Pendidikan, Penyuluh Pertanian dan Perkebunan, Mantri Tani, Petugas Puskeswan, Petugas Statistik, Pegawai Kementrian Agama (KUA), Para Kepala Sekolah bersama dewan guru, seluruh Kades dan Sekdes, Petugas PLKB, Motivator Desa, serta Instansi terkait lainnya di lingkungan Kecamatan Sungai Loban. Tak lain apel kali ini adalah dalam rangka bersama-sama memperingati Hari Kebangkitan Nasional yang ke-108 tahun 2016. *iws

01 IMG_6816

04 IMG_6801

Setiap tanggal 20 Mei, bangsa kita memperingati Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas), hari yang menjadi momentum perjuangan seluruh rakyat 1ndonesia yang ditandai dengan kelahiran organisasi Budi Oetomo pada tahun 1908. Kebangkitan nasional merupakan bangkitnya semangat nasionalisme, persatuan, kesatuan dan kesadaran sebagai sebuah bangsa untuk memajukan diri melalui gerakan organisasi yang sebelumnya tidak pemah muncul selama penjajahan. Sebuah organisasi yang bergerak di bidang sosial yang menjadi cikal bakal gerakan yang bertujuan untuk mencapai kemerdekaan Indonesia. Dokter Wahidin Soedirohoesodo dan dr. Soetomo telah menanamkan konsep perjuangan intelektual melalui pembentukan organisasi untuk membangun kebersamaan dan persatuan antar elemen bangsa. Proses perjuangan mereka yang dilanjutkan oleh para pejuang lain telah menghasilkan lahirnya bangsa besar dengan Negara Kesatuan Republik Indonesia yang kita kenal sekarang ini.

02 IMG_6805

03 IMG_6828

Seiring dengan tema penyelenggaraan Hari Kebangkitan Nasional tahun ini yaitu “Mengukir Makna Kebangkitan Nasional dengan Mewujudkan Indonesia yang Bekerja Nyata, Mandiri, dan Berkarakter”, diharapkan agar pemaknaan Kebangkitan Nasional lebih difokuskan pada perwujudan kerja nyata dan pembangunan manusia yang berkarakter. Bangaa ini harus kembali pada semangat ke Bhineka Tunggal Ika, semangat Pancasila dan rasa senasib dan sebangsa, kembali pada kepribadian nasionalnya sendisi. Suatu Negara jika ingin kuat dan langgeng harus ditata berdasarkan hukumnya sendiri dan berdiri di atas kepribadian nasionalnya sendiri.

09 IMG_6851

Peringatan Hari Kebangkitan Nasional ke-108 tahun 2016 hadir membawa pesan, yaitu keharmonisan dalam kemajemukan di atas Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945, dan dalam rangka memperingati HARKITNAS ke-108 Tahun 2016 sudah menjadi kewajiban kita untuk tetap selalu menjaga nnilai-nilai luhur budaya bangsa dengan menjadikannya pedoman kita dalarn kehidupan berbangsa dan bernegara Semoga dalam peringatan Hari Kebangkitan Nasional ini, rakyat Indonesia dan generasi penerus perjuangan para pendahulu mendapatkan lecutan semangat nasionalisme dalam perjuangan tanpa pamrih yang dilakukan para pejuang dan pahlawan bangsa ini. Untuk dapat mengaktualisasikan nilai dan makna kebangkitan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara, demi terciptanya sebuah kemandirian bangsa Indonesia yang hakiki, adil makmur, dan sentosa.

Sumber Artikel : http://www.bangsaku.web.id/

Foto oleh : I Wayan Sukadana, S.Hut

Updated: 20 Mei 2016 — 2:25 pm

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kecamatan Sungai Loban Kabupaten Tanah Bumbu © 2018 U_IT Kominfo Tanah Bumbu