KANTOR KECAMATAN GELAR RAKOR KEPEGAWAIAN : BAGAIMANA ATURAN HUKUM BILA CALON KADES DARI KALANGAN PNS?

Sungai Loban – Rapat koordinasi (rakor) kepegawaian di lingkungan kerja Kecamatan Sungai loban bagi pegawai kecamatan, sekretaris desa, para kepala sekolah dan seluruh pimpinan instansi lintas sektor kecamatan digelar hari ini, Kamis (19/5/2016) di Aula Kantor Kecamatan Sungai Loban

01 IMG_6754

Dibuka oleh Camat Kursani S.Sos, dalam sambutannya menyampaikan bahwa para pegawai di lingkungan Kecamatan Sungai Loban pada hari ini berkesempatan untuk berdiskusi, meminta informasi dan penjelasan berkenaan masalah kepegawaian mumpung acara ini dihadiri langsung oleh Petugas dari Badan Kepegawaian Daerah Kabupaten Tanah Bumbu.

Selain Narasumber langsung dari BKD, acara ini juga dihadiri oleh perwakilan dari Kecamatan Satui, Angsana dan Kuranji yang membidangi kepegawaian di instansinya bertugas.

03 IMG_6763 02 DSC_1548

Definisi dalam Undang Undang Nomor 5 Tahun 2010 Tentang Aparatur Sipil Negara, menyebutkan bahwa Aparatur Sipil Negara yang disingkat ASN adalah profesi bagi pegawai negeri sipil (PNS) dan pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (PPPK) yang bekerja pada instansi pemerintah, yang diangkat oleh pejabat pembina kepegawaian dan diserahi tugas dalam suatu jabatan pemerintahan atau diserahi tugas negara lainnya dan digaji berdasarkan peraturan perundang-undangan.

Pegawai Negeri Sipil yang selanjutnya disingkat PNS adalah warga negara Indonesia yang memenuhi syarat tertentu, diangkat sebagai Pegawai ASN secara tetap oleh pejabat pembina kepegawaian untuk menduduki jabatan pemerintahan, sedangkan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja yang selanjutnya disingkat PPPK adalah warga negara Indonesia yang memenuhi syarat tertentu, yang diangkat berdasarkan perjanjian kerja untuk jangka waktu tertentu dalam rangka melaksanakan tugas pemerintahan.

04 IMG_6773 05 IMG_6775

Dalam kesempatan tersebut, Petugas dari BKD Tanah Bumbu juga menjelaskan bahwa Hak dan kewajiban PNS sendiri sudah diatur dengan jelas dalam Undang-undang Nomor 5 Tahun 2014 maupun pada Peraturan Pemerintah Nomor 53 tahun 2010 tentang Disiplin PNS.

PP ini masih  berlaku sampai sekarang mengingat belum ada PP baru pelaksanaan UU ASN yang mengatur hal tersebut.

06 IMG_6777 07 IMG_6782

Yang menjadi perbincangan hangat dan opini menarik saat ini yakni bagaimana aturan hukumnya bila nantinya dari Pegawai Negeri Sipil baik dari kalangan guru, sekdes, maupun PNS lainnya hendak ikut mencalonkan diri dalam ajang Pilkades.

Petugas BKD ini menjelaskan bahwa PNS boleh mencalonkan diri menjadi Kepala Desa tetapi harus mendapatkan izin dari pimpinan atau pejabat pembina kepegawaian dan yang bersangkutan dibebaskan sementara dari jabatannya selama menjadi Kepala Desa tanpa kehilangan hak pegawai Negeri Sipil.

Menurutnya, dari kalangan Guru minimal sudah mengabdi selama 8 tahun, sedangkan dari kalangan sekdes/PNS minimal sudah mengabdi selama 6 Tahun.

08 IMG_6783

Aturan hukum berkenaan Pilkades juga ada tertuang dalam Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 112 Tahun 2014 tentang Pemilihan Kepala Desa.

Disamping itu pemerintah kita Kabupaten Tanah Bumbu juga telah menerbitkan Peraturan Daerah Nomor 12 Tahun 2016 tentang Tatacara Pencalonan, Pemilihan, Pengangkatan, Pelantikan dan Pemberhentian Kepala Desa, yang telah ditetapkan oleh Bupati pada Tanggal 30 Maret 2016 dengan persetujuan bersama DPRD Kabupaten Tanah Bumbu. *iws

Download Undang Undang Nomor 5 Tahun 2010 Tentang Aparatur Sipil Negara, disini (Gratis) :

https://drive.google.com/file/d/0B_MPdhdMq3xGMDgzdGc3QzFUVVE/view?usp=sharing

Download Peraturan Pemerintah Nomor 53 tahun 2010 tentang Disiplin PNS, disini (Gratis) :

https://drive.google.com/file/d/0B_MPdhdMq3xGQWh5Y1lmVGJwSW8/view?usp=sharing

Download Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 112 Tahun 2014 tentang Pemilihan Kepala Desa, disini (Gratis) :

https://drive.google.com/file/d/0B_MPdhdMq3xGa1REZjRIUmdydkU/view?usp=sharing

Download Peraturan Daerah Nomor 12 Tahun 2016 tentang Tatacara Pencalonan, Pemilihan, Pengangkatan, Pelantikan dan Pemberhentian Kepala Desa, disini (Gratis) :

https://drive.google.com/file/d/0B_MPdhdMq3xGZTNxT3pNMHN6VEE/view?usp=sharing

Artikel dan Foto oleh I Wayan Sukadana, S.Hut

Updated: 20 Mei 2016 — 2:23 am

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kecamatan Sungai Loban Kabupaten Tanah Bumbu © 2018 U_IT Kominfo Tanah Bumbu