“JADIKAN SEMANGAT PAHLAWAN 7 FEBRUARI 1946 SEBAGAI INSPIRATIF PEMBANGUNAN DAERAH“

03 IMG_8005

SUNGAI LOBAN – Upacara Peringatan Hari Pahlawan 7 Februari ke-71 Kabupaten Tanah Bumbu digelar di Lapangan Sepak Bola Kantor Kecamatan Sungai Loban Desa Sari Mulya, Selasa (7/2/2017).

Bertindak selaku inspektur upacara Camat Sungai Loban, Kursani, S.Sos, upacara gabungan yang dimulai sekitar pukul 09.00 WITA diikuti oleh para Pejabat/Eselon di Lingkungan Kecamatan Sungai Loban, PNS dan PTT, TNI dan Polri, Kepala Desa dan Sekretaris Desa, pengurus PKK, para dewan guru, organisasi kemasyarakatan. Hadir pula undangan dari beberapa Pimpinan Perusahaan dan Tokoh Masyarakat.

Lapangan upacara pun dipadati oleh barisan para Pelajar dari SDN 1 dan 2 Sari Mulya, SMPN 1 Sungai Loban, SMAN 1 Sungai Loban dan SMKN 1 Sungai Loban.

01 IMG_7998

Sesuai dengan naskah Pidato Bupati Tanah Bumbu yang dibacakan Camat Sungai Loban sebagai berikut :

“Peringatan Hari Pahlawan kali ini, bukan sekedar peringatan rutinitas. Peringatan ini diselenggarakan guna mengenang jasa-jasa para pahlawan, dan merefleksikan kembali nilai-nilai kejuangan, serta semangat idealisme dan patriotisme yang menjadi spirit bagi kita semua dalam mewujudkan pembangunan daerah.

Sebagaimana tema pada Peringatan Hari Pahlawan Tahun 2017 ini, yakni “Jadikan Semangat Pahlawan 7 Februari 1946 Inspiratif Bagi Pembangunan Daerah”.

Tema ini dimaksudkan bahwa nilai-nilai dan semangat kejuangan yang telah di-kobar-kan oleh para pahlawan, hendaknya dapat menjadi inspirasi bagi kita, dalam membangun dan menata tatanan kehidupan berbangsa dan bermasyarakat.

Karena harus kita akui, bahwa nilai dan semangat kejuangan serta patriotisme, kepahlawanan mulai memudar, khususnya bagi kita di daerah ini.

Ini terbukti dari realita yang terjadi saat ini, kita harus dihadapkan dengan berbagai krisis, yang disebabkan oleh kita sendiri, karena kurangnya rasa persatuan dan kesatuan bangsa, ditambah munculnya Intoleransi yang semakin menebal, ditandai dengan meningkatnya rasa benci dan saling curiga diantara sesama anak bangsa.

Begitu pula dengan perpecahan dan konflik yang terjadi dimana-mana, maraknya peredaran narkoba, serta penyalahgunaan wewenang dan korupsi, yang hingga saat ini terus menjadi momok bagi bangsa ini.

Akibatnya, usaha menuju keberhasilan pembangunan dan kesejahteraan masyarakat, seperti yang diharapkan para pahlawan dan pendahulu kita, kini belum bisa diwujudkan.

Sebagaimana dikatakan oleh sang Proklamator kita Bung Karno “Perjuanganku lebih mudah, karena mengusir penjajah, tapi perjuanganmu, akan lebih sulit, karena melawan bangsamu sendiri

Untuk itulah melalui momentum Peringatan Hari Pahlawan 7 Februari tahun 2017 ini, sebagai salah satu agen pembaharu bangsa, saya mengajak kepada para penyelenggara negara, aparatur, serta seluruh masyarakat, khusus kepada para Pemuda dan Generasi penerus di daerah ini.

Mari kita jadikan semangat idealisme dan nilai kepahlawanan sebagai Inspirasi bagi kita dalam membangun daerah, serta dalam mewujudkan kesejahteraan masyarakat Bumi Bersujud.

Demikian yang saya sampaikan, akhirnya mari kita berdo’a, agar para pahlawan kita yang telah gugur, para pahlawan yang telah berjuang pada tanggal 7 Februari, mendapat tempat disisi Allah SWT”

02 IMG_8002

Itulah petikan pidato Bupati Tanah Bumbu pada Peringatan Hari Pahlawan 7 Februari tahun ini. Selain ceremoni pengibaran bendera oleh 3 orang pelajar, pembacaan teks Pancasila, pembacaan teks Pembukaan UUD 1945 oleh Kepala Desa Tri Mulya, dalam rangkaian peringatan hari pahlawan 7 Februari Kabupaten Tanah Bumbu tahun 2017  ini juga dibacakan Nukilan Sejarah Perjuangan Pahlawan Rakyat Pagatan Tanggal 7 Februari 1946 oleh Sekretaris Desa Sungai Dua Laut serta pembacaan naskah Mosi Rakyat Pagatan dan Pulau Laut oleh Kepala UPTD Pendidikan Sungai Loban. *iws

Foto/Artikel : I Wayan Sukadana, S.Hut

Updated: 8 Februari 2017 — 1:49 pm

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kecamatan Sungai Loban Kabupaten Tanah Bumbu © 2016 U_IT Kominfo Tanah Bumbu