BULAN SURO, DESA SUMBER SARI RUTIN GELAR RITUAL BERSIH DESA

Sungai Loban – Upacara Suran (istilah Jawa) pada Tahun Baru Islam 1439 Hijriah, diperingati seluruh warga masyarakat serta pemerintah Desa Sumber Sari Sebamban 3 Blok A Kecamatan Sungai Loban, Kamis (28/9/2017) dengan menggelar ritual “Bersih Desa”. Upacara dimaksud adalah dalam konteks lahiriah (luar) dan batiniah (dalam).

DSC_1455

Diawali dengan iringan para penari kuda lumping dan rombongan yang menggotong tumpeng berjalan sekitar 1 Km dari rumah Kepala Desa menuju Kantor Desa. Arak-arakan yang dipimpin langsung oleh Kepala Desa didampingi Camat Sungai Loban akhirnya tiba di Lokasi Panggung Acara di Halaman Kantor Desa Sumber Sari disambut para hadirin.

Kepala Desa Turahyo dalam sambutannya mengatakan bahwa tujuan dilaksanakannya ritual Bersih Desa adalah sebagai bentuk rasa bersyukur atas anugerah dan limpahan rezeki dari Sang Pencipta. Setiap tahun ritual ini dilaksanakan oleh seluruh warga masyarakatnya di Desa Sumber Sari tak terkecuali baik dari etnis Jawa, Lombok, bahkan etnis Bali. Bersih Desa ini sebagai bentuk keberlanjutan tradisi, adat maupun budaya dari orangtua dan nenek moyang yang patut untuk diteruskan kepada generasi berikutnya.

DSC_1466

Acara yang dihadiri oleh unsur Muspika yakni Camat Sungai Loban, jajaran polsek, koramil, Anggota DPRD Bapak I Wayan Sudarma, S.Sos, pihak perusahaan kebun, para kepala desa dan perangkatnya serta para tokoh masyarakat dimulai sekitar pukul 9:30 di Halaman Kantor Desa Sumber Sari. Ritual Suran “Bersih Desa” diisi dengan pembacaan doa oleh Sesepuh sebagai Kaum Adat yang sebelumnya dilaksanakan pemotongan tumpeng oleh Camat Sungai Loban untuk diserahkan kepada Kepala Desa Sumber Sari. Dalam gelaran ini juga menampilkan atraksi Kuda Lumping dan malamnya akan dilanjutkan pagelaran Wayang Kulit semalam suntuk.

DSC_1468

Dihadapan warga masyarakat Sumber Sari yang berhadir, Camat Kursani S.Sos menyampaikan apresiasi dan menyambut baik atas pelaksanaan ritual Bersih Desa, kegiatan ini merupakan wujud nyata rasa syukur dari warga kepada Tuhan, disamping itu sebagai ajang silaturahmi warga masyarakat baik dari kaum tua maupun kaum muda dapat berkumpul dalam satu wadah. Camat berharap kegiatan ini kedepannya bisa tetap berlanjut sebagi bentuk upaya untuk melestarikan Budaya.

DSC_1469

Selain menggelar Upacara Suran “Bersih Desa”, hari ini Desa Sumber Sari juga menyerahkan bantuan bagi warganya yang tidak mampu sekaligus penyerahan piala turnamen Sepakbola dan turnamen Bola Volly yang diadakan oleh desa beberapa hari lalu. (*iws)

Foto/artikel : I Wayan Sukadana, S.Hut

Updated: 4 Oktober 2017 — 10:04 am

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kecamatan Sungai Loban Kabupaten Tanah Bumbu © 2019 *iws U_IT Kominfo Tanah Bumbu